Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori

Jumat, September 23, 2011

Membangun Server Untuk Jaringan Sekolah

Server merupakan salah satu syarat penting ketika kita memutuskan untuk membangun jaringan yang berisi puluhan hingga ratusan host.

Sekolah saat ini sudah bnyak yang terhubung ke jarngan Internet global, sehingga akses informasi begitu cepat sampai ke sekolah.

Untuk itu dibutuhkan server yang akan memanagemen pembagian sumber daya, baik itu bandwith, dan transfer file dan sharing file di sekolah.

Fungsi server pertama basnya sebagai Router Gteway, agar bisa mentranslasikan IP Public menjadi IP lokal, sehinggabisa diakases oleh PC lainnya.

Disamping itu sekolah sebaiknya memiliki FTP Server yang akan menjadi media pertukaran fle dan transfer data secara cepat dan bisa diakses oleh siswa maupun guru dimanapun.

Pada tulisan kali ini saya tidka menyoroti jens2 server baik yang open source maupun yang proprietry.

Namun saya akan menuliskan sekolah sebaiknya memiliki server antara lain :
1. Router Gateway Server
2. DNS Server
3. Mail Server
4. FTP Server.

Untuk itu ada beberapa plihan server yang handal , seperti Clear OS Enterprise 5.2 , Ubuntu Server, Debian dan Mikrotik.

Seperti screenshoot dibwah ini adlah aplikasi FTP Server Flexshare yang saya gunakan di Sekolah saya dengan flatform Clear OS



nah bagaimana teknk menginstall dan membangun server ini akan saya tulis pada postingan berikutnya.

sumber :http://www.clearfoundation.com/Software/overview.html

0 komentar

Posting Komentar