Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori

Jumat, September 16, 2011

Pengalaman ku Dalam Berinteraksi Di Forum Diskusi Online

Sejauh ini saya sudah register dan menjadi peserta dalam puluhan forum diskusi online untuk mendukung pengetahuan dan sharing ilmu ( itu tujuan saya awalnya).

Namun sejauh itu pula saya menemukan beberapa fakta dan fenomena dalam forum tersebut:
  1. Sebagai Pemula saya gabung di forum tujuan untuk belajar, Kalau saya sudah mahir ngapain juga ikut forum, (sangat tendesius memang,,tapi itulah faktanya ) bukan berarti saya merendahkan rekan-rekan lain yang sudah mahir atau dianggap suhu, master di berbagai forum. Karena dari ketidaktahuan saya mencari forum diskusi untuk mencari pengetahuan tersebut.
  2. Banyak forum yang saya lihat tidak begitu respon terhadap member baru, terlihat jika mereka bertanya hal-hal yang remeh temeh (menurut mereka). Dan juga salah si newbie yang terkadang malas memutar-mutar..bolak balik di forum mencari yang dia mau. Namun tidak dapat disalahkan juga jika dia nekat membuat new thread menanyakan hal remeh temeh tersebut, namun sebaiknya dilayani lah si newbie tersebut, bantu dia menunjukkan link yang sudah ada. Atau setidak2nya sapalah newbie itu dengan baik dan sampaikan bahwa topik tersebut sudah ada sebelumnya . Dengan demikian hal tersebut akan membuat dia malu secara pribadi dan kemudia hari akan berubah.
  3. Saya menilai forum merupakan media diskusi efektif karena disana merupakan hasil-hasil eksprimen maupun hasil pengetahuan anggota lainnya, namun tidak terlepas juga dari unsur copas demi setoran posting untuk naik pangkat, biar dianggap senior. Untuk itu newbie sebaiknya bisamencerna mana postingan yang bermanfaat atau pun postingan salah. disanalah menurut saya yang namanya belajar buat newbie. Karena dengan mencoba dia kan melihat mana yang berhasil ataupun salah.
  4. Saya terkadang malu karena saya belum bisa memberikan kontribusi banyak kepada forum, belum bisa berbagi hal-hal yang baru, belum bisa menjawab pertanyaan rekan lain ataupun setidak2nya menunjukkan link atas pertanyaan anggota lain. Tapi hal itu bukan berarti saya tidak peduli dan tidak berkontribusi kepada forum tersebut.
  5. Dan pada akhirnya saya secara langsung mau mengucapkan terima kasih langsung kepada forum-forum yang saya ikuti karena kalianlah guru ku,,kalianlah tentorku..Dari kalianlah aku banyakmendapat masukan.. Dan dari kalianlah aku akhirnya bisa memberikan atua membagi ilmu ku kepada siswa-siswa ku sekalian, kepda orang-orang yang bertanya dan semua pihak yang merasa terbantu olehku, Semoga Pengalaman Sharing dan berbagi ini akan dibalas oleh YAng Maha Kuasa nanti sebagai amalan ibadah kita.

1 komentar

Ilham Ilahi

tes

Posting Komentar